• Search
  • Menu

POLITIK

ARIE C. MELIALA/"PRLM"

Jokowi Minta Tim Transisi Koordinasi dengan Menteri

JAKARTA, (PRLM).- Presiden terpilih Joko Widodo mendorong tim transisi berkoordinasi secara detail dengan beberapa kementerian. Dia mengatakan, kementerian keuangan, bappenas, pendidikan, dan kesehatan menjadi prioritas saat ini.

"Kementerian prioritas disesuaikan dengan apa yang dikerjaan seperti pendidikan dan kesehatan. Koordinasi ini agar tahu persoalan-persoalan yang ada. Apakah kemungkinan bisa menyesuaikan dan memasukkan program dalam program kementerian yang ada," kata Jokowi.

28.08.2014 - 21:55

Kubu Prabowo-Hatta Fokus Pada Uji Materi Peraturan KPU di MA

JAKARTA, (PRLM).-Anggota tim hukum Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, Didi Supriyanto, mengatakan pihaknya saat ini tengah memfokuskan diri menguji materi sejumlah peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) di Mahkamah Agung (MA). Menurut dia, ada empat PKPU yang akan diuji materi.

"Advokat Tim Merah Putih masih konsentrasi dengan kaitan yang tertunda di MA. Di MA bukan uji putusan pemilu presiden, tapi uji peraturan KPU yang kami anggap di luar undang-undang," ujar Didi di Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Gerindra Segera Isi Kekosongan Posisi Ketua Umum

JAKARTA, (PRLM).-Partai Gerindra sangat terpukul dengan kepergian Ketua Umumnya Suhardi karena sakit. Namun demikian, Partai Gerindra akan segera menggelar rapat untuk membahas pengganti posisi ketua umum.

Wakil Ketua Umum Gerindra, Fadli Zon mengatakan, dalam kondisi saat ini, sosok Suhardi sangat dibutuhkan.

"Pak Suhardi wafat terlalu cepat, beliau terakhir deklarasi koalisi Merah Putih sangat sehat sekali," kata Fadli di DPP Gerindra, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Puan Harap Banyak Partai Ikut Koalisi

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPP Bidang Politik Puan Maharani berharap sebanyak mungkin partai bisa bekerja sama dengan koalisi pengusung Jokowi-JK. Namun, dia mengatakan belum ada pembicaraan langsung dengan partai-partai di luar partai pengusung.

Hanya saja, secara informal Puan mengatakan sudah ada partai yang menyatakan ketertarikan. "Saya berharap kalau urusan membangun bangsa, sebanyak mungkin bisa ikut kita," kata Puan saat ditemui di Kantor Transisi Jalan Situbondo Menteng, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Tugas Arsitektur Kabinet Rampung

JAKARTA, (PRLM).- Tugas kelompok kerja (pokja) arsitektur kabinet sudah rampung. Pokja itu menyelesaikan lima opsi arsitektur kabinet dan menyerahkannya pada Presiden terpilih Joko Widodo. Selanjutnya, Jokowi akan memutuskan opsi yang dipilih.

Hal itu dikemukakan Deputi Tim Transisi Jokowi-JK Bidang Arsitektur Kabinet Andi Widjajanto di Kantor Transisi Jalan Situbondo Menteng, Jakarta, Kamis (28/8/2014). Lima opsi yang sudah dilaporkan pada Jokowi, pertama opsi status quo yang sama dengan tatanan kementerian saat ini. Jumlahnya 34 kementerian tetapi ada beberapa perubahan nomenklaturnya.

Maruarar: Jangan Kehilangan Kepercayaan Rakyat

JAKARTA, (PRLM).-Politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan pihaknya menolak adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Bahkan, ia siap kehilangan jatah menteri jika harga BBM naik sebelum berbagai masalah di sektor hulu BBM diselesaikan.

"Lebih baik tidak jadi menteri daripada kehilangan kepercayaan rakyat. Saya tetap tidak setuju harga BBM naik sebelum berbagai masalah di sektor hulu BBM diselesaikan. Membenahi sektor hulu itu yang mestinya jadi prioritas," ujar pria yang akrab disapa Ara di DPR, Senayan, Kamis (28/8/2014).

Jokowi Minta Tim Transisi Koordinasi dengan Menteri

ARIE C. MELIALA/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Presiden terpilih Joko Widodo mendorong tim transisi berkoordinasi secara detail dengan beberapa kementerian. Dia mengatakan, kementerian keuangan, bappenas, pendidikan, dan kesehatan menjadi prioritas saat ini.

"Kementerian prioritas disesuaikan dengan apa yang dikerjaan seperti pendidikan dan kesehatan. Koordinasi ini agar tahu persoalan-persoalan yang ada. Apakah kemungkinan bisa menyesuaikan dan memasukkan program dalam program kementerian yang ada," kata Jokowi.

PTUN Jakarta Tolak Gugatan Prabowo-Hatta

JAKARTA, (PRLM).-Majelis hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menolak gugatan tim hukum Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa terkait adanya kecurangan rekapitulasi suara pada 22 Juli 2014. Ketua Majelis Hakim Hendro Puspito mengatakan perkara tersebut tidak termasuk dalam kewenangan PTUN.

Maruarar Tolak Kenaikan BBM

JAKARTA, (PRLM).- Ketua DPP PDI Perjuangan Maruarar Sirait menyatakan menolak pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berimbas pada kenaikan harga BBM bersubsidi. Masih banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi sempitnya ruang gerak RAPBN 2015 bagi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tanpa harus mengotak-atik subsidi BBM.

Kepala Daerah Jadi Menteri Harus Lepas dari Kepentingan Partai

JAKARTA, (PRLM).-Munculnya usulan kepala daerah berprestasi masuk dalam kabinet Joko Widodo dan Jusuf Kalla, seharusnya terlepas dari kepentingan partai. Alasannya, kepentingan partai dinilai dapat menghambat kinerja yang bersangkutan.

"Kalau dia terpilih, ia tidak lagi bekerja berdasarkan partai. Kalau berdasarkan partai, dia pasti tidak sukses. Ini kan menyangkut banyak orang," ujar Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Bakir Ihsan di Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Mayoritas Publik Yakin Ada Perubahan Lebih Baik di Era Jokowi-JK

MIRADIN SYAHBANA RIZKY/"PRLM"

JAKARTA, (PRLM).- Harapan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mendatang sangat tinggi. Bahkan, harapan tersebut melebihi harapan saat Presiden dan Wakil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono terpilih pada Pilpres 2009.