• Search
  • Menu

POLITIK

MIRADIN SYAHBANA RIZKY/"PRLM"

Ahok: Sabam itu Negarawan dan Nasionalis Sejati

JAKARTA, (PRLM).- Politikus Senior PDI Perjuangan, Sabam Sirait, dinilai oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sebagai mentor politik yang selalu mengingatkannya untuk bekerja dengan baik dan benar, serta menjaga kelakukannya agar tetap bersih dari korupsi.

Hal itu diungkapkan Ahok ketika menghadiri acara syukuran atas pulihnya Sabam Sirait dari perawatan medis yang dijalaninya selama lebih dari sebulan di RS Gleneagles, Singapura. Acara itu dilaksanakan di kediaman Sabam di Bintaro, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Sabtu (22/11/2014).

22.11.2014 - 16:50

Lili: Larangan Menteri ke DPR Adalah Menabuh Genderang Perang

JAKARTA, (PRLM).- Anggota Komisi VI DPR Lili Asdjudiredja menilai, larangan presiden Jokowi agar para menterinya, Panglima TNI, Kapolri, para Kepala Staf Angkatan, Kepala BIN, dan Jaksa Agung tidak menghadiri undangan rapat DPR, sama saja menabuh genderang perang. Akibatnya, suasana di DPR yang sudah mulai sejuk dan kondusif, menjadi panas lagi.

DPR Ancam Panggil Paksa Menteri Kabinet Kerja

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa mengungkapkan kekesalannya terhadap sikap pemerintah yang melecehkan DPR dengan melarang para menteri untuk menghadiri undangan rapat dari DPR RI. Menurut dia dengan telah adanya perdamaian antara pihak KMP dan KIH pada tanggal 17 November 20014, kelembagaan DPR sebenarnya sudah tidak ada masalah lagi secara politik. Sehingga, tidak bisa lagi secara politik dijadikan alasan bagi Pemerintah dan jajarannya untuk tidak menghadiri panggilan DPR.

Pemindahan Tempat Munas Golkar tak Semata-mata Soal Teknis

JAKARTA, (PRLM).- Pemindahan tempat Musyawarah Nasional Partai Golkar yang sebelumnya direncanakan di Bandung kemudian dipindah ke Bali dinilai bukan sekedar masalah teknis. Peneliti Senior Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menduga pemindahan tempat Munas tak lepas dari pertimbangan politis.

"Saya kira soal tempat penyelenggaraan Munas bukan sekadar masalah teknis. Bisa saja pemindahan tempat penyelenggaraan Munas karena ada pertimbangan politis," ucapnya di Jakarta, Senin (24/11/2014).

DPR Mau Libatkan DPD RI dalam Revisi UU MD3 ?

JAKARTA, (PRLM).- Badan Legislasi (Baleg) DPR RI telah membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk membahas revisi UU MD3 (MPR, DPR, DPD, dan DPRD) tanpa melibatkan DPD. Namun, dalam perkembangan terakhir Wakil Ketua Baleg Firman Subagyo menyatakan Baleg masih akan mempertimbangkan keterlibatan DPD RI dalam revisi UU MD3 tersebut.

KMP DPR Galang Interpelasi Kenaikan Harga BBM

JAKARTA, (PRLM).- Kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh Presiden Jokowi yang berlaku sejak Selasa (18/11/2014) dini hari lalu, akhirnya berbuntut interpelasi. Golkar sebagai fraksi pertama yang menjadi minisiator untuk menggulirkan interpelasi ke Presiden Jokowi tersebut, dan hingga Senin (24/11/2014) siang, sudah ada 18 anggota DPR dari Koalisi Merah Putih (KMP), kecuali Partai Demokrat yang masih menunggu perkembangan politik maupun penjelasan dari pemerintah.

Bakal Caketum Golkar Cium Ketidakberesan Munas di Bali

JAKARTA, (PRLM).- Dua bakal calon ketua umum Partai Golkar Agung Laksono dan Priyo Budi Santoso mencium ketidakberesan dari rencana Musyawarah Nasional partai berlambang pohon beringin itu di Bali.

Menurut Priyo, tersiar kabar adanya upaya penggiringan suara yang dilakukan oleh salah seorang calon ketua umum Partai Golkar, sehingga dapat mencederai proses demokrasi di Indonesia.

Tiga Hal Yang Bisa Ditangkap Publik dari Surat Edaran Jokowi

JAKARTA, (PRLM).- Peneliti pada Divisi Kajian Hukum Tatanegara Sinergi Masyarakat untuk Indonesia M Imam Nasef mengatakan setidaknya ada tiga hal yang bisa ditangkap publik dari dikeluarkannya surat edaran oleh Presiden Jokowi kepada menteri-menterinya untuk tidak hadir dalam rapat dengan DPR.

Pertama, larangan menghadiri rapat dengan DPR itu telah merendahkan kekuasaan legislatif. Menurut Nasef, hal itu tidak dibenarkan, sebab kekuasaan eksekutif dan legislatif sama-sama dipilih langsung oleh rakyat, sehingga derajat legitimasinya sama.

Keriuhan Parlemen Hanya Bersifat Elitis

JAKARTA, (PRLM).- Keriuhan parlemen yang saat ini tengah menggalang dukungan hak interpelasi dinilai hanya bersifat elitis belaka. Soalnya, DPR kembali akan hanyut dalam perbedaan sikap yang berujung pembelahan kelompok yang mengkerdilkan semangat bekerja.

Hendrawan : Tak Benar Jokowi Dapat Ganjalan dari KMP Baru

JAKARTA, (PRLM).- Pimpinan Fraksi PDI-P, Prof. Hendrawan Supratikno membantah pendapat sejumlah pengamat politik yang menyatakan bahwa selain mendapat ganjalan politik dari Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo di DPR, Presiden Jokowi juga mendapat tekanan dari KMP baru, yakni Kalla (Jusuf Kalla), Megawati, dan Paloh (Surya Paloh).

Simbolon Tolak Dukung Interpelasi BBM

JAKARTA, (PRLM).- Politisi PDI-P Effendi MS Simbolon menolak ajakan Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Bambang Soesatyo untuk memberikan dukungan terhadap usul penggunaan hak interpelasi soal Kenaikan BBM, karena dia menilai penggunaan hak konstitusional DPR tersebut muatan politiknya kental.

‘’Saya tidak serta merta ikut ajakan itu. Saya tak mau ikutan soal hak interpelasi. Saya memang beda pendapat dengan pemerintah soal kenaikan harga BBM. Saya sudah suarakan semuanya sesuai fakta otentik yang saya miliki, sehingga saya nggak mau dirayu,’’ tegas Effendi Simbolon kepada wartawan.