• Search
  • Menu

POLITIK

ARMIN ABDUL JABBAR/"PRLM"

DPRD Jawa Barat Dipimpin Seorang Perempuan

BANDUNG, (PRLM).- Untuk pertama kalinya DPRD Jawa Barat dipimpin oleh seorang perempuan. Ineu Purwadewi Sundari, dilantik hari ini, Rabu (22/10/2014) di Gedung DPRD Jawa Barat menjadi Ketua DPRD Jabar.

Ineu merupakan wakil rakyat dari PDI Perjuangan. Ineu menjadi ketua setelah dipilih untuk menjadi kandidat tetap Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019 dari PDIP melalui surat resmi penetapan yang ditandatangani oleh Megawati Soekarnoputri.

22.10.2014 - 10:45

PKB Minta Jokowi Pikirkan Lagi Soal Rangkap Jabatan

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Sekertaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Lukman Edy meminta Presiden Joko Widodo untuk memikirkan kembali larangan menteri merangkap jabatan di partai politik. Alasannya, rangkap jabatan dinilai tak akan menganggu kinerja seseorang.

"Pak Muhaimin bisa menata waktu juga, Ketua Umum PKB juga saat menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Tidak keteteran," ujarnya di Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Ada Tujuh Sumber Pengaruhi Pemilihan Menteri

JAKARTA, (PRLM).- Pengamat politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia, Ray Rangkuti menilai bahwa persoalan penyusunan kabinet menteri Joko Widodo-Jusuf Kalla bukan pada persoalan cepat ataupun lambat. Menurut Ray, cepat belum tentu menunjukan kematangan. Sebaliknya lambat belum tentu menunjukan kegamangan.

"Santer terdengar bahwa Jokowi akan mengumumkan susunan kabinetnya satu hari paska pengambilan sumpah jabatan. Kenyataannya hingga hari ini (Rabu) belum ada kepastian apakah akan diumumkan atau tidak. Tapi ini bukan soal lambat maupun cepat," ucapnya, di Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Jatah di Kabinet untuk Partai Pendukung Jokowi Menipis

JAKARTA, (PRLM).- Pendiri Indonesia Movement Study and Analysis Center, Irwan Suhanto mengapresiasi langkah parpol pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang sudah mau legowo menerima komposisi kabinet Indonesia hebat yang akan segera diumumkan Jokowi.

Menurut Irwan, sikap terbuka dari partai-partai pendukung itulah yang sangat berguna bagi Jokowi-JK untuk meminimalisir pengembangan terhadap adanya isu koalisi terpecah karena komposisi menteri.

Golkar Tolak Bubarkan KIH dan KMP

JAKARTA, (PRLM).- Fraksi Partai Golkar tolak usulan dibubarkannya Koalisi Merah Putih (KMP), dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), seperti dinyatakan oleh Wasekjen PDIP yang juga Ketua FPDIP MPR RI Ahmad Basarah. Ketua DPP Golkar Tantowi Yahya dengan tegas menolak usulan tersebut. Sehingga hanya ada dua kelompok (KMP dan KIH), maka dalam mengambil keputusan lebih efektif dan tidak berlarut-larut.

Komisi Belum Ada Menghambat Kinerja DPR

JAKARTA, (PRLM).- Lima fraksi yang belum menyerahkan nama-nama anggota komisi dapat menyebabkan pembahasan alat kelengkapan dewan tak bisa dirampungkan. Akibatnya, sikap itu makin mempertegas hal itu menghambat kinerja DPR RI. Padahal, seharusnya DPR RI sudah bahas pemilihan pimpinan komisi, karena kementerian dan kabinet segera akan diumumkan.

Jokowi Perlu Banyak Pertimbangn untuk Pilih Menteri

JAKARTA, (PRLM).- Pengamat Politik dari Lingkaran Madani Indonesia Ray Rangkuti menilai Presiden RI Joko Widodo yang belum mengumumkan nama-nama menteri karena memang tidak mudah memilih menteri. Banyak hal yang harus
dipertimbangkan untuk memastikan seseorang memang tepat menduduki posisi suatu kementerian.

DPRD Jawa Barat Dipimpin Seorang Perempuan

BANDUNG, (PRLM).- Untuk pertama kalinya DPRD Jawa Barat dipimpin oleh seorang perempuan. Ineu Purwadewi Sundari, dilantik hari ini, Rabu (22/10/2014) di Gedung DPRD Jawa Barat menjadi Ketua DPRD Jabar.

Ineu merupakan wakil rakyat dari PDI Perjuangan. Ineu menjadi ketua setelah dipilih untuk menjadi kandidat tetap Ketua DPRD Jabar periode 2014-2019 dari PDIP melalui surat resmi penetapan yang ditandatangani oleh Megawati Soekarnoputri.

Pimpinan Definitif DPRD Jabar Dilantik Hari Ini

BANDUNG, (PRLM).- Pimpinan definitif DPRD Jawa Barat dilantik hari ini, Rabu (22/10/2014) di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat Jln. Diponegoro Bandung. Lima pimpinan yang dilantik adalah Ineu Purwadewi (Ketua), Irrianto MS Syafiuddin (Wakil Ketua), Haris Yuliana (Wakil Ketua), Irfan Suryanagara (Wakil Ketua), Abdul Haris Babihoe (Wakil Ketua).

Pelantikan dilakukan melalui Rapat Paripurna Istimewa Pengucapan Sumpah/Janji Ketua dan Wakil Ketua DPRD Jabar Masa Bhakti 2014-2019. Pengucapan sumpah janji dipandu oleh Kepala Pengadilan Tinggi Jawa Barat. (Nuryani/A-147)***

Kontrol Kementerian Strategis Ada pada Jokowi

BANDUNG, (PRLM).- Kabinet Jokowi-JK mengakomodasi partai politik dan elit politik untuk jabatan non-strategis dengan maksimal 20 persen atau 7 kementerian non-strategis. Dengan demikian, kontrol kementerian strategis ada pada Jokowi dan tim.

Itu adalah skenario pertama dari Nawacita Kabinet Jokowi-JK yang diungkapkan Pakar Ilmu Politik Universitas Padjadjaran Muradi dalam "Diskusi Unpad Merespos‎: Analisis & Harapan Terhadap Kabinet Jokowi-JK di Executive Lounge, Lantai 2 Gedung Rektorat Unpad, Bandung, Rabu (22/10).

Muhaimin Pilih Ketum PKB daripada Jadi Menteri

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar tampaknya menyadari jika kemungkinan besar namanya tidak lagi tercatat sebagai calon menterinya Jokowi-JK. Karena itu dalam akun twitter-nya keponakan alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu memilih menjadi Ketua Umum DPP PKB ketimbang menteri.