• Search
  • Menu

PENDIDIKAN

RIRIN N.F./"PRLM"

Komisi IV DPRD Kota Cimahi Sidak ke Sekolah

CIMAHI, (PRLM).- Memanfaatkan hari terakhir masa ujian nasional (UN), Komisi IV DPRD Kota Cimahi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah sekolah di Kota Cimahi, Rabu (16/4/2014). Hal itu dilakukan untuk memantau kondisi pelaksanaan UN dan menjaring aspirasi dari sekolah dan pelajar.

Komisi IV DPRD Kota Cimahi yang melakukan sidang yaitu Enang Syakri, Ike Hikmawati, dan Rini Martini. Mereka melakukan kunjungan ke SMAN 1 Cimahi, SMKN 2 Cimahi, dan memantau pelaksanaan UN Paket C di SMKN 1 Cimahi.

16.04.2014 - 10:37

Siswa SD Berlibur Sambil Belajar Menulis Aksara Jawa

SOLO, (PRLM).-Aksara Jawa yang nyaris punah dan hanya diajarkan sebagai bagian dari muatan lokal bahasa Jawa di sekolah, secara khusus diajarkan kepada para siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Solo.

Dalam mengisi liburan Paskah, Jumat (18/4/14), para siswa dari tiga SD, masing-masing SD Jayengan, SD Tumenggungan dan SD Sabrang Lor diajak mengenal lebih jauh sambil belajar menulis aksara Jawa di Museum Radyapustaka, dalam kegiatan "Sinau Nulis Aksara Jawa".

Jepang Bantu Peningkatan Kemampuan Iptek Pemuda Indonesia

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan Japan International Cooperation Center (JICE) dan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia menyelenggarakan Program Jenesys 2.0.

Program yang meningkatkan kemampuan kapasitas iptek para pemuda ini merupakan kerjasama regional di ASEAN Committee and Science and Technology (ASEAN Cost) yang memfasilitasi pertukaran pemuda Jepang dan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia.

Jangan Corat Coret Baju Seragam

MAJALENGKA, (PRLM).- Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh sekolah SMA/SMK dan MA serta SMP untuk tidak melakukan corat coret baju seragam selepas Ujian Nasional ataupun pengumuman kelulusan nanti.

Melahirkan, Batal IKuti Ujian Nasional Paket C

SOLO, (PRLM).- Sebanyak 37 orang dari 255 peserta Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) 2014 jenjang SMA yang dikenal sebagai Kejar Paket C di Kota Solo, Selasa (15/4/14) lalu tidak menyelesaikan ujiannya dengan berbagai alasan. Di antara alasan yang terbanyak adalah, tidak mendapat izin perusahaan untuk meninggalkan pekerjaan selama ujian.

Empat Siswa MA tak Ikuti UN Karena Menikah

SOREANG, (PRLM).- Tujuh siswa dari 3.751 siswa Madrasah Aliyah (MA) di Kab. Bandung tak mengikuti UN yang sudah berlangsung dari Senin-Rabu (14-16/7). Empat siswa MA tak ikut UN karena alasan menikah, dua siswa sudah bekerja, dan seorang siswa meninggal dunia sebelum pelaksanaan UN.

"Empat siswa kelas XII MA yang tak mengikuti UN dengan alasan menikah berada di MA Kec. Kutawaringin, Soreang, dan Bojongsoang," kata Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab. Bandung, H. Oni Suryana, di SMAN 1 Margahayu, Rabu (16/4/2014).

Komplotan Penjual Kunci Jawaban UN Diringkus

SOLO, (PRLM).- Kepolisian Resor (Polres) Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (15/4/14/2014) siang meringkus tiga orang dari lima tersangka pelaku penjual kunci jawaban soal ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Terungkapnya praktik jual-beli kunci jawaban UN tersebut bermula dari laporan masyarakat tentang terjadinya kebocoran soal UN 2014 jenjang SMA dan SMK di Kab. Karanganyar.

Unjani Lantik dan Ambil Sumpah 144 Apoteker

RIRIN NF/"PRLM"

CIMAHI, (PRLM).- Sedikitnya 144 orang lulusan Program Studi Profesi apoteker Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) dilantik dan diambil sumpahnya menjadi apoteker angkatan XV di Gedung Sasana Krida Unjani Cimahi Jln. Terusan Sudirman Kota Cimahi, Rabu (16/4/2014).

Apoteker lulusan Unjani harus berkontribusi untuk membantu penyediaan kebutuhan masyarakat soal obat-obatan.

Jokowi Kembali Muncul di Soal Bahasa Inggris

SOREANG, (PRLM).- Soal mengenai bakal capres Joko Widodo (Jokowi) ternyata hadir kembali dalam soal Ujian Nasional (UN). Kali ini soal mengenai Jokowi dalam Bahasa Inggris pada soal 36, 37, dan 38.

"Memang ada pelajaran mengenai biografi maupun kiprah seseorang, namun pihak sekolah tak menyangka adanya soal seperti Jokowi," kata Kepala SMAN 1 Margahayu, H. Amin Wijaya, di ruang kerjanya, Rabu (16/4/2014).