• Search
  • Menu

PENDIDIKAN

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

Jepang Akan Kirim Guru ke Pemkab Bandung

SOREANG, (PRLM).-Yayasan nirlaba Japan Foundation akan mengirimkan sejumlah penutur asli untuk mengajar bahasa Jepang di sejumlah SMA dan SMK di Kabupaten Bandung melalui program Nihongo Partners.

Program yang akan berlangsung pada 2014-2020 itu merupakan bagian dari upaya mempererat hubungan Indonesia dan Jepang di bidang pendidikan dan budaya.

27.11.2014 - 15:55

Praktisi Media Makin Banyak Masuk Kampus

BANDUNG, (PRLM).- Banyak praktisi media yang kembali masuk kampus. Hal itu dapat dilihat dari peserta seleksi masuk Program Magister Ilkom Komunikasi Pasca Sarjana Unpas Bandung. Beberapa di antaranya adalah pekerja pers cetak maupun elektronik, baik yang masih aktif di lapangan maupun yang sudah menduduki level manajemen.

Dompet Dhuafa Dorong Program Pendidikan 194 Sekolah

JAKARTA, (PRLM).- Lembaga Amil Zakat Dompet Dhuafa telah memberdayakan sebanyak 35.646 individu di bidang pendidikan selama tahun 2014. Selain individu, program pendidikan Dompet Dhuafa juga menjaring penerima manfaat sebanyak 234 komunitas dan 194 sekolah.‬

‪Hal tersebut diungkap General Manager Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, Sri Nurhidayah dalam laporan “Kilas Balik Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa tahun 2014” di Jakarta Design Center,

Sekolah Swasta Persoalkan Keterlambatan Dana BOS dan BSM

SOREANG, (PRLM).- Sekolah-sekolah swasta di Kab. Bandung mempersoalkan belum adanya pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang bersumber dari APBD Kab. Bandung. Padahal, sekolah-sekolah negeri sudah mendapatkan dana BOS dan BSM untuk periode Januari sampai Juni 2014.

"Semua sekolah swasta belum bisa mencairkan dana BOS dan BSM, padahal sudah akan memasuki Desember atau akhir tahun anggaran," kata Kepala SMA Muhammadiyah, Iwan Syarif, di ruang kerjanya, Jumat (28/11/2014).

Waspadai Modus Penipuan PMB Unpad

BANDUNG, (PRLM),-Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S menegaskan masyarakat harus waspada bila terdapat orang atau siapapun yang menjanjikan dapat membantu calon mahasiswa diterima masuk Unpad.

Hal ini terkait banyaknya laporan penipuan yang dilakukan sekelompok orang tidak bertanggung jawab dengan syarat memberikan sejumlah uang sebagai jaminan bisa diterima di Unpad.

SDN 3 Pakusamben Akan Merger Awal Semester

SUMBER, (PRLM).- Kelanjutan Sekolah Dasar Negeri 3 Pakusamben menemukan titik cerah. Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon memastikan proses merger rampung pada awal semester. Para siswa akan belajar di lingkungan baru pada pertengahan tahun ajaran.

"Saya sudah komunikasi dengan UPT (unit pelaksana tugas) Pendidikan Kecamatan Babakan dan Kepala Sekolah SDN 3 Pakusamben, berdiskusi. Sudah ada keputusan merger pada semesteran," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon Erus Rusmana kepada "PRLM", Kamis (27/11/2014).

Jepang Akan Kirim Guru ke Pemkab Bandung

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

SOREANG, (PRLM).-Yayasan nirlaba Japan Foundation akan mengirimkan sejumlah penutur asli untuk mengajar bahasa Jepang di sejumlah SMA dan SMK di Kabupaten Bandung melalui program Nihongo Partners.

Program yang akan berlangsung pada 2014-2020 itu merupakan bagian dari upaya mempererat hubungan Indonesia dan Jepang di bidang pendidikan dan budaya.

Paduan Suara Svara Prasetiya Raih Medali Emas

KBRI KUALA LUMPUR/"PRLM"

KUALA LUMPUR, (PRLM).- Kelompok Paduan Suara Prasetiya Mulya School of Business and Economics, SvaraPrasetiya, membawa nama harum Indonesia saat memenangi ajang 2nd Voice of Asia International Choir Festival yang berlangsung di Subang Jaya, Malaysia, 24-27 November 2014. Tak tanggung-tanggung, kelompok yang terdiri dari 25 mahasiswa S1 Prasetiya Mulya Business School in imeraih 2 gelar sekaligus, yakni Grand Champion untuk semua kategori dan Gold Medal untuk kategori folklore. Mereka mengalahkan 17 kelompok paduan suara dari berbagai Negara Asia, seperti Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Bupati Minta DSP SMA, SMK, dan MA Jangan Sama

SOREANG,(PRLM).- Bupati Bandung Dadang M. Naser meminta pihak sekolah untuk tidak menyamaratakan besaran Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) yang dipakai untuk membangun fasilitas sekolah. Siswa miskin harus dibebaskan DSP nya, sedangkan kelas menengah sesuaikan dengan kebutuhan.

"Selama ini DSP disamaratakan pihak sekolah sesuai dengan kesepakatan sekolah dan orangtua siswa," kata Dadang Naser dalam peluncuran BOS sekolah menengah di Gedung M. Toha, Kamis (27/11/2014).

Angka Partisipasi Kasar SMA/SMK Kab. Bandung 56 Persen

SOREANG,(PRLM).- Angka melanjutkan sekolah dari SMP/MTs ke sekolah menengah atau Angka Partisipasi Kasar (APK) SMK, SMA, dan MA di Kab. Bandung baru 56 persen. Untuk itu, Pemkab Bandung meluncurkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sekolah menengah Rp 61 miliar dan Bantuan Siswa Miskin (BSM) Rp 13 miliar.

"Dengan adanya BOS dan BSM sekolah menengah ini berhasil meningkatkan APK dari 49 persen tahun lalu menjadi 56 persen tahun ini," kata Kepala Disdikbud Kab. Bandung, Agus Firman Zaini, di Gedung M. Toha Soreang, Kamis (27/11/2014).