• Search
  • Menu

Ciamis Kembali Kembangkan Peternakan Ayam Sentul

BANDUNG, (PRLM).- Unggas ayam asli Kab.Ciamis, Ayam Sentul tengah kembali dikembangkan dalam skala usaha bisnis, sebagai upaya alternatif usaha peternakan unggas lokal yang tahan penyakit. Ayam Sentul diandalkan untuk produksi telur, sebagai tambahan usaha bagi para peternak ayam ras yang selama ini mengandalkan produksi daging.

Kabid Produksi Dinas Peternakan Jabar, Rd Hj Dewi Sartika, di Bandung, Jumat (9/10) mengatakan, pengusahaan ayam sentul diharapkan mampu sebagai upaya menekan penularan penyakit flu burung, karena ayam ini diketahui cukup adaptif dan tahan penyakit. Selain itu, sebagai upaya penyelamatan kembali berbagai plasma nutfah unggas di Jabar, termasuk Ciamis.

Pengusahaan Ayam Sentul menjadi jauh menurun, setelah masyarakat peternak unggas di Ciamis ramai-ramai beralih mengusahakan ayam ras. Karena kondisi selama ini, pemeliharaan ayam Sentul lebih bersifat sebagai hobi.

Dilakukannya kembali pengusahaan ayam Sentul dalam skala bisnis kini dilakukan secara rintisan oleh dua kelompok peternak di Ciamis, sekaligus pula upaya pengembangan usaha ternak unggas organik. Selain dari produksi telur, ayam Sentul juga dapat diandalkan untuk produksi daging, walau kecepatan pertumbuhannya tak seperti ayam ras. (A-81/kur) ***