• Search
  • Menu

Minat Beternak Bebek Meningkat

NGAMPRAH, (PRLM).- Minat masyarakat lokal untuk berternak bebek dan angsa di Kab. Bandung Barat dan Cianjur kini meninggi sejak  beberapa bulan terakhir sebagai alternatif usaha baru yang diprediksi lebih memberikan pendapatan.

Usaha baru tersebut menjadi pengganti usaha peternakan ayam ras, yang belakangan banyak mengalami resiko  kegagalan akibat serangan berbagai penyakit, termasuk tetelo dan flu burung.

Peternak di Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat dan Kec. Ciranjang, Kab. Cianjur, Minggu (14/6)  mengatakan, dipilihnya usaha bebek dan angsa juga melihat besarnya peluang penjualan dari daging dan telurnya,  di mana jenis makanan ini juga banyak diminati konsumen. Usaha peternakan bebek dan angsa juga masih tahan  serangan penyakit unggas, termasuk flu burung, sehingga bagi masyarakat lokal dinilai lebih aman risiko. Yang membedakan dengan di daerah lain, usaha peternakan bebek dan angsa di Ngamprah, umumnya dipelihara di kandang.

Ini sebagai upaya antisipasi ke depan, karena usaha peternakan bebek setempat diperhitungkan sulit dilakukan  di sawah, karena sangat banyak lahan pertanian setempat diganggu dan diincar para pedagang rumah dan calonya.
(A-81/A-120) ***