• Search
  • Menu

Petani Tebu Minta HPP Gula Naik

CIREBON, (PRLM).- Petani tebu Jawa Barat meminta pemerintah menaikan harga pokok produksi (HPP) gula tahun 2009 ini menjadi Rp 5.610,00 per kg dari yang semula Rp 5.000,00. Kalau HPP tidak dinaikan, bisa dipastikan petani tebu bakal menderita kerugian yang cukup besar.

Permintaan tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Petani tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Jabar H. Anwar Asmali kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla, saat temu wicara wapres dengan petani tebu di Bandara Penggung Kota Cirebon, Jumat (3/4).  Saat temu wicara, wapres didampingi Gubernur Jabar H. Ahmad Heryawan, seusai kunjungan ke Pondok Buntet Pesantren Kab. Cirebon.

Menurut Anwar, HPP harus sudah ditetapkan paling lambat pertengahan April ini, sebelum petani melakukan giling. Permintaan HPP sebesar itu disesuaikan dengan ongkos produksi yang saat ini per kg mencapai Rp 5.125,00. "Penetapan HPP sebesar itu sudah merupakan batas minimal keuntungan bagi petani. Karena HPP tersebut disesuaikan dengan ongkos produksi ditambah dengan 10% margin keuntungan bagi petani selama penanaman," kata Anwar Asmali.

Menanggapi permintaan kenaikan HPP wapres menyatakan, hal itu akan dipertimbangkan. Namun Jusuf Kalla memperingatkan akan kemungkinan banjirnya gula s