• Search
  • Menu

Kemenag Terapkan Kurikulum 2013 di Madrasah Tahun Depan

AGUS IBNUDIN/”PRLM”

JAKARTA, (PRLM).- Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat menuturkan, kurikulum 2013 di madrasah akan mulai diterapkan atau diimplementasikan pada tahun depan (2014-2015). Kemenag akan menyelenggarakannya secara serentak di semua kelas 1, kelas 4 (Madrasah Ibtidaiyah), kelas 7 (Madrasah Tsanawiyah), dan kelas 10 (Madrasah Aliyah).

“Tahun ini kami konsen betul pada kesiapan guru. Pelaksanaannya akan 100 persen kelas 1, 4, 7, dan 10 pada tahun depan,” ujarnya saat berbincang dengan wartawan seusai buka puasa bersama di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (19/7/13) malam.

Pada acara buka bersama itu tampak hadir pula sejumlah pejabat, antara lain Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar, Dirjen Bimas Islam Abdul Djamil, dan Irjen Kemenag M Jasin.

Namun demikian, Bahrul menyatakan bahwa tugas Kemenag ada juga yang terkait dengan sekolah (lingkungan Kemdikbud). Dijelaskan, setidaknya ada 6.250 sekolah yang ditetapkan Kemdikbud untuk menerapkan kurikulum 2013 dan di dalamnya ada guru agama.

“Karena Kemdikbud melaksanakannya tahun ini, maka guru agamanya pun ikut,” katanya.

Bahrul menuturkan, Direktorat Jenderal Pendididikan Islam Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran untuk para Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) tentang kesiapan menerapkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2014.

Surat Edaran tersebut bernomor SE/Dj.I/PP.00/50/2013 tentang implementasi kurikulum 2013 pada madrasah.

“Kita tidak ingin buru-buru. Tapi kini tengah melakukan persiapan,” jelasnya.

Kemenag melakukan program pendukung pelaksanaan Kurikulum 2013, seperti sosialisasi kurikulum baru, pelatihan guru, p