• Search
  • Menu

Maestro Kecapi Maman SWP Wafat

RETNO HY/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, kabar cukup mengagetkan tersebar di kalangan pelaku seni Sunda. Khususnya seniman dan seniwati tembang, kawih maupun karawitan, atas meninggalnya maestro kecapi karawitan Maman Suherman Wahda Putra atau yang lebih dikenal dengan Maman SWP (52), Minggu (26/5/13) sekitar pukul 16.00 WIB, di rumah duka Komp. Ciparay Indah, Gang Aster, Ciparay, Kab. Bandung.

Almarhum meninggal saat istrirahat tertidur seusai melaksanakan shalat Ashar. “Pada pukul 10 pagi saya masih menelepon almarhum yang sedang memberikan arahan lomba rampak sekar tingkat SD dan SMP di kampus ITB, dan mendengar kabar meninggalnya almarhum langsung dari istrinya (Ny. Yeyet),” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari, ditemui di rumah duka.

Rekan-rekan almarhum dibuat kaget, khususnya mereka yang terlibat dalam Pegelaran Karawitan dan Pop Sunda karya Nano S, “Nu Kantun tinu Ngantun”, bertempat di Teater Terbuka Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House), Sabtu (25/5/13) malam. “Bagaimana tidak kaget, semalam masih bermain kecapi dan kita semua menonton. Memang usia menjadi rahasia Allah SWT dan kita tidak tahu,” ujar Kabalai Taman Budaya Jawa Barat, Rosdiana Rachmiwaty.

Almarhum lulusan SMKI (sekarang SMKN 10), merupakan lulusan terbaik yang pernah dihasilkan oleh SMKI. Karena kepiawaiannya sebagai spesialis kecapi karawitan untuk lagu Mang Koko, julukan Setan Kecapi dan Perpustakaan Hidup Seni Karawitan ditujukan pada almarhum oleh rekan-rekan seniman dan seniwati.

Alamarhum yang hingga kini masih tercatat sebagai PNS di Dinas Pendidikan Kota Bandung, dikenal sebagai penata musik yang sangat jenius dan teliti, karenanya Alm. Nano S. (Kang Nano) selalu melibatkan almarhum untuk karya-karyanya. Semisal tembang “Anjeun”, “potret Manehna” dan “Asih”, serta sejumlah karya gending karesmen Kang Nano.

Selamat jalan Kang Maman. Semoga ilmu dan karya yang ditinggalkan akan menjadi bagian dari amal ibadah. Semoga semua perbuat dan amal ibadah didunia