• Search
  • Menu

Kab. Bekasi Kekurangan Ikan Patin dan Lele

CIKARANG, (PRLM).-Hingga saat ini, Kabupaten Bekasi masih kekurangan produksi ikan air tawar jenis ikan patin dan lele untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Saat ini, produksi ikan air tawar di Kabupaten Bekasi baru sanggup menghasilkan 100 ribu bibit, sedangkan kebutuhannya mencapai 300 ribu ekor setiap bulannya.

Diakui Kepala Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) Kabupaten Bekasi, Abdurrofiq, untuk memenuhi kekurangan bibit ikan air tawar itu, para peternak di Kabupaten Bekasi banyak membeli bibit ikan ke Kabupaten Subang yang sudah mampu memproduksi sedikitnya 500 ribu ekor.

Ditegaskan dia, salah satu alasan yang menjadi kendala kurangnya produksi ikan air tawar di Kabupaten Bekasi, yakni keterbatasan lahan.

"Kalau cara pembibitan, balai benih di Kabupaten Bekasi sudah mampu, tapi karena memang keterbatasan lahan yang membuat produksi lebih kecil dibandingkan dengan kebutuhan peternak," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/4).

Untuk itu, dikatakan Abdurrofiq, karena Kabupaten Subang dianggap sudah mampu memproduksi ikan air tawar dengam baik, maka pihaknya pun bersama-sama perwakilan komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi, melakukan studi banding ke balai pembibitan ikan di Kabupaten Bekasi.

"Pasti kami juga bisa melakukan seperti di Kabupaten Subang, namun perlu proses. Subang sudah punya aturan tent