• Search
  • Menu

Situ Saeur Menyempit dan Dipenuhi Sampah

CECEP WIJAYA SARI/"PRLM"

SUBANG, (PRLM).- Situ Saeur di Kampung/Kelurahan Sukamelang, Kecamatan/Kabupaten Subang mengalami penyempitan dan pendangkalan signifikan selama empat dekade terakhir. Dari luas awal sekitar 8 hektare dengan kedalaman 5 meter lebih, kini hanya tersisa 2 hektare dengan kedalaman kurang dari 1 meter.

Selain luasnya menyusut, Situ Saeur Sukamelang juga kini menjadi tempat pembuangan sampah warga sekitar. Sejumlah sampah kaleng dan plastik berserakan di areal situ tersebut.

Suharli (50), warga setempat menuturkan, kondisi itu menyebabkan sekitar 150 hektare sawah di sekitarnya tidak terairi secara optimal. Jika hujan deras, air situ kerap meluap dan menyebabkan kerusakan tanggul.

“Jika hujan deras, sering terjadi luapan air situ yang meluber sampai ke jalan. Ini sangat menghambat akses jalan di kelurahan ini,” katanya di areal Situ Saeur Sukamelang, Senin (1/4/13).

Akibat penyempitan situ yang menampung air dari Sungai Cileuleuy itu, areal di sekitarnya kini menjadi tanah timbul dan menjadi garapan warga sekitar. Lahan tersebut ditanami berbagai tanaman palawija, didirikan kandang binatang, bahkan dijadikan kolam ikan.

“Dulu, tanah-tanah itu masih berupa situ sehingga tampungan air sangat melimpah dan menjadi sumber pengairan sawah warga. Saat ini, banyak warga bahkan pejabat yang menggarap lahan bekas situ,” ujar mantan penjaga pintu penguras air Situ Saeur itu.(A-192/A-108)***