• Search
  • Menu

Elf Terguling, Empat Penumpang Tewas

SINGAPARNA, (PRLM).- Empat penumpang elf tewas dan belasan lainnya luka-luka dalam kecelakaan tunggal yang terjadi di Jalan Warung Peuteuy, Kampung Cimawate, Desa Sukarasa, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/3/13), petang. Penyebab sementara diduga sopir mengantuk saat melewati jalan yang licin karena hujan.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Elf bergerak dari arah Taraju menuju Singaparna. Dalam kondisi jalan licin, elf terpelanting ke kiri jalan sehingga mengenai saluran air permanen. Elf lalu terguling ke sawah yang terletak di samping saluran air sehingga posisi elf tegak seperti saat kondisi normal.

Para korban langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tasikmalaya untuk diberi pertolongan. Korban tewas meliputi tiga penumpang tewas di lokasi kejadian dan satu penumpang tewas di Instalasi Gawat Darurat.

Adapun korban tewas berjenis kelamin lelaki dua orang dan perempuan dua orang. Mereka yaitu Holil (78) warga Garut, Unah (60) warga Padakembang Singaparna, dan dua korban lainnya lelaki serta perempuan berumur sekitar 25 tahun belum diketahui identitasnya.

Sementara lainnya kritis 3 orang termasuk bayi, luka robek berat 6 orang, luka robek sedang 2 orang, dan luka ringan 2 orang. "Korban kritis bayi segera diobservasi sementara dua lainnya dirujuk ke RSUD Kota Tasikmalaya," ujar Direktur RSUD Kabupaten Tasikmalaya dr. Eli Hendalia.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Tasikmalaya Ajun Komisaris Iwan Setiawan mengatakan sampai sekitar pukul 20.00 WIB, pihaknya masih melakukan olah TKP. "Kami melakukan pengumpulan informasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut," ujar dia.

Iwan mengatakan, sopir dan kernet akan dimintai keterangan khususnya terkait kondisi sopir saat mengemudi. "Untuk penumpang lainnya maupun para saksi yang melihat dan mendengar pun akan kami mintai keterangan," tutur dia.

Peristiwa ini sempat menyedot perhatian warga sekitar. Kondisi elf hanya penyok di beberapa bagian. Namun, diduga terjadi benturan hebat sehingga menyebabkan tewasnya penumpang. Sekitar pukul 19.30 WIB warga baru meninggalkan lokasi. (A-167/A-108)***