• Search
  • Menu

Mantan Pejabat Disdik Prov. Jabar Terancam Hukuman Penjara 20 Tahun

BANDUNG, (PRLM).- Mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan Prov. Jawa Barat, Dede Hasan Kurniadi, terancam hukuman penjara maksimal 20 tahun karena diduga terlibat dalam korupsi di pengadaan alat peraga TK-SD 1 atap di Dinas Pendidikan Prov. Jabar Tahun Anggaran 2011.

Dede yang merupakan kuasa pemegang anggaran/pejabat pembuat komitmen dalam proyek itu, menerima success fee dari pemenang tender sebesar Rp 400 juta dan merugikan negara mencapai Rp 1,505 miliar.

Hal tersebut terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan dakwaan terhadap Dede Hasan dalam sidang perdananya pada Kamis (7/3), di Ruang Sidang I Pengadilan Tipikor Bandung, Jln. LLRE Martadinata, Kota Bandung.

Dalam dakwaannya, JPU yang diketuai Rahman Firdaus, menjerat Dede dengan pasal 2. (dakwaan primer), pasal 3 (subsider) juncto pasal 18 UU No. 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman dari ketiga pasal tersebut maksimal 20 tahun penjara.

Rahman memaparkan, tindakan korupsi yang dilakukan Dede masuk dalam proyek kegiatan revitalisasi sarana dan prasarana tahun anggaran 2011 dengan dana sebesar Rp 2.443.750.000,00.

"Itu dialokasikan untuk paket pengadaan pengembangan alat peraga 85 TK-SD satu atap di 26 kabupaten dan kota di Jaba