• Search
  • Menu

Struktur Kemenag Berubah Drastis

BANDUNG, (PRLM).- Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Kemenag Jabar dan Kemenag kabupaten/kota berubah drastis setelah adanya Peraturan Menteri Agama (PMA) baru. “Sejak pertengahan Januari ini SOTK Kemenag berubah yakni adanya bidang baru Pendidikan Agama islam pada sekolah umum atau Pais, sedangkan Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) menjadi Bidang Madrasah,” kata Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Drs. H. Saeroji, M.M., di ruang kerjanya, Jumat (25/1/2013).

Perubahan lainnya pada Bidang Penyelenggaraan Haji, Zakat dan Wakaf yang kini menjadi Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, sedangkan urusan zakat dan wakaf diserahkan ke Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf yang dulu bernama Bidang Penerangan Agama dan Pemberdayaan Masjid (Penamas). “Perubahan juga terjadi pada Subag Humas dan Kerukunan Umat Beragama (KUB) menjadi Humas dan Informasi, sedangkan KUB menjadi Subag KUB dan Hukum. Subag Perencanaan dan keuangan kini juga digabung yang awalnya terpisah,” ujarnya.

Sedangkan di Kemenag kabupaten/kota juga berubah menyesuaiakan dengan Kanwil Kemenag Jabar. “Kalau di Kanwil disebut bidang, maka di Kemenag kabupaten/kota menjadi seksi. Hanya, ada penggabungan seksi yakni Seksi Urusan Agama Islam dan Seksi Penamas digabung menjadi Seksi Bimas Islam,” tuturnya.(A-71/A-147)***