• Search
  • Menu

Relawan GIM Jalankan Program Kelas Inspirasi

YOGYAKARTA, (PRLM).- Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) biasanya menyasar sekolah di daerah terpencil. Perubahan terjadi mulai 2013, kawasan Jawa pun dijadikan ajang GIM untuk menantang profesional menjadi guru sehari di Sekolah Dasar marginal di enam kota di Jawa.

Dalam rilisnya, Jumat (25/1), Ketua Gerakan Indonesia Mengajar Anies Baswedan menyatakan guru sehari akan dilaksanakan Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Pekanbaru. Guru sehari menekankan pada pengajaran motivasi kepada anak didiik di SD marginal, yang sebagian besar muridnya dari keluarga kurang mampu.

"Relawan dari kalangan profesional berpengalaman di bidangnya, bercerita tentang profesi sebagai motivasi anak-anak dalam meraih cita. Kelasnya dinamakan Kelas Inspirasi, dilaksanakan 20 Februari 2013," kata Anis Baswedan.

Rektor Universitas Paramadina menyatakan guru sehari di Kelas Inspirasi sebagai momen pengenalan ragam pekerjaan dan cita-cita kepada siswa SD di kota-kota besar. Yang diutamakan dari Kelas Inspirasi, para relawan mungkin dari kota yang sama, jarak dengan sekolah dekat, tetapi dari relawan perlu dicerna dan diteladani oleh anak-anak didik dari hitungan jarak kesejahteraan, jarak pengetahuan, jarak wawasan yang tentu saja amat jauh atau sangat berpengalaman dan bermanfaat.

Dia berharap para profesional berminat dalam program ini dengan pertimbangan, relawan juga