• Search
  • Menu

Atlet Atletik Jabar Hanya Istirahat Sehari

BANDUNG, (PRLM).- Ketujuh atlet atletik Jawa Barat (Jabar) yang menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan sudah tiba di Bandung pada Senin, (20/8) lalu. Sebelumnya, mereka berangkat ke Korea Selatan untuk mengikuti pemusatan latihan dalam rangka meghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012 di Riau. Mereka kembali ke tanah air bersama dengan robongan atlet cabang olah raga lainnya.

Ketujuh atlet tersebut adalah Rio Prasetyo (lari gawang 400 m), Abdul Haris (lari 800-1500 m), I Gede Karang Asem dan Muhammad Ashari (maraton), serta Hendro (jalan cepat). Selain itu, ada pula Ika Puspa Dewi (lompat tinggi) dan Eki Febri Ekawati (tolak peluru).

Mereka hanya diberi waktu istirahat selama satu hari dan harus kembali bergabung dengan rekan-rekan atlet atletik lainnya yang menjalani latihan di Gedung Olah Raga (GOR) KONI Jabar, jalan Pajajaran, Bandung. Latihan sudah kembali digelar pada Rabu, (22/8) lalu.

Pelatih atletik Jabar, Gaos Maturidi menuturkan tim pelatda Jabar tidak memberikan waktu libur yang terlalu lama. Hal itu sengaja dilakukan karena semakin dekatnya waktu pelaksanaan PON.

“Rombongan tiba di Bandung tanggal 20 Agustus dan hanya istirahat sehari. Waktu yang tersisa tidak banyak lagi jadi kami harus memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan kembali latihan setelah libur Idul Fitri kemarin,” ujarnya di Bandung, Jumat (24/8).

Menurutnya, semua atlet yang melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan telah menunjukkan peningkatan performa. Namun demikian, perbedaannya tidak terlalu jauh dengan atlet lainnya yang tetap berlatih di Bandung.

“Dari pantauan selama beberapa hari, terlihat ada peningkatan terutama Eki Febri Ekawati dan Rio Prasetio yang menunjukkan peningkatan signifikan. Bukan hanya itu, atlet yang berlatih di Bandung juga memperlihatkan peningkatan yang sama,” kata Gaos melanjutkan.

Dia menyatakan hal itu terjadi karena atlet yang berlatih di Bandung tetap menjalani program latihan intensif selama bulan Ramadan. “Bedanya, mereka yang berlatih di Korea Selatan lebih terfokus saja. Tidak ada selisih yang mencolok dalam pencapaian,” ucapnya.

Sementara itu, kesiapan tim atletik Jabar saat ini sudah mencapai 100 persen dan siap tanding. Selama waktu terisa, Gaos menyatak