• Search
  • Menu

Permenakertrans No 13 tahun 2012 Merupakan Jalan Terbaik yang Paling Adil

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar menegaskan, Peraturan Menakertrans (Permenakertrans) No 13 tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak (KHL) merupakan jalan terbaik yang paling adil.

"Permenakertrans yang baru itu merupakan revisi Permenakertrans No.17/PER/VIII/2005. Revisi ini telah ditetapkan secara objektif dengan pertimbangan matang dari berbagai aspek, termasuk dari usulan dan kajian yang berasal dari berbagai pihak," kata Muhaimin menanggapi tuntutan buruh/pekerja yang berunjuk rasa, di Jakarta, Kamis (12/7) .

Aksi buruh di Jakarta kemarin diikuti oleh sekitar 30.000 ribu buruh dari Jabodetabek ditambah Karawang, Purwakarta dan Bandung. Mereka menolak outsourcing, menuntut kehidupan layak, dan menolak politik upah murah.

Mereka berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia, kemudian bergerak ke Istana Merdeka, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Aksi buruh tersebut mendapat penjagaan ketat dari 7.195 petugas kepolisian dan 500 an aparat TNI.

Muhaimin mengatakan, dalam penyempurnaan Permenakertrans baru, jumlah jenis kebutuhan yang semula 46 jenis komponen KHL berubah menjadi 60 jenis komponen. Selain itu, terdapat 8 jenis penyesuaian/penambahan jenis kualitas dan kuant