• Search
  • Menu

KPU Selenggarakan Pilpres Dua Bulan Setelah Pileg 2014

JAKARTA, (PRLM).- Pemilihan Presiden Tahun 2014 akan dilakukan dua bulan setelah terselenggarakannya Pemilu Legislatif pada tanggal 9 April 2014. Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini telah menyelesaikan berbagai jadwal, program dan tahapan Pemilu 2014.

"Peraturan KPU tentang jadwal, program dan tahapan Pemilu 2014 sudah rampung. Dan, tinggal kita tetapkan pada tanggal 25 Juni mendatang," ucap Anggota KPU Ferry Kurnia kepada "PRLM", di Jakarta Senin (18/6/12).

Menurut Ferry, pada 25 Juni nanti pihaknya juga akan mengundang dan meminta masukan dari LSM dan media berkenaan dengan aktifitas Pemilu ke depan yang lebih berkualitas. "Kita memang menginginkan adanya azas keterbukaan dalam Pemilu mendatang," ucapnya.

Ia menuturkan, sistem pemilihan pada Pemilu 2014 nanti akan berbeda dengan Pemilu 2009 lalu. 2014 nanti daftar pemilih tetap (DPT) akan melakukan pencoblosan, sedangkan 2009 lalu dilakukan dengan cara dicontreng.

Menurut dia, pagu anggaran sebesar 8 triliun yang ditetapkan untuk Pemilu Legislatif nanti akan digunakan dalam empat pos. Keempat pos tersebut yakni untuk penyelanggaran pemilu, pembentukan Badan Adhoc, Monitoring, dan aktifitas kegiatan di lapangan. Ia menambahkan, pembentukan dana adhoc diperkirakan akan menyedot anggaran paling besar.

Ia mengungkapkan,ada tiga tahapan yang akan diselesaikan KPU untuk menyong