• Search
  • Menu

Unsil Dapat Tawaran Lahan Hibah untuk Penegrian

NOVIANTI NURULLIAH/"PRLM"

TASIKMALAYA,(PRLM).-Hangusnya penentuan lokasi Penegrian Universitas Siliwangi (Unsil) di Kelurahan Mugarsari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya tidak membuat perjuangan Penegrian Unsil terhenti. Panitia Penegrian Unsil terus berupaya hingga pada akhirnya panitia mendapatkan tawaran lahan hibah untuk Penegrian Unsil dari seorang investor yang peduli terhadap pendidikan.

Wilayah Kecamatan Kawalu kencang dikabarkan merupakan titik yang akan dijadikan bakal lokasi penegrian Unsil nanti. Tanah yang akan dihibahkan tersebut terindikasi terbentur dengan masalah tata ruang Kota Tasikmalaya.

Namun, panitia penegrian Unsil belum mengemukan hal itu. Yang pasti, bakal lokasi Penegrian Unsil tersebut masih berada di Kota Tasikmalaya dengan luas lahan sebanyak 30 hektare. Dan dari segi lokasi terkait sudah dinilai cocok untuk kawasan pendidikan.

"Kami belum berani menyebutkan tempat. Lokasi yang dihibahkan sudah disepakati dengan Wali kota, Rektor Unsil dan juga Bapeda. Kalau dibuka sekarang takutnya seperti pengalaman pengadaan lahan yang memicu masalah dan banyak calo,"ujar Ketua Panitia Penegrian Unsil, Ade Komaludin di Kampus Unsil, Jln. Siliwangi, Kota Tasikmalaya.

Ia mengatakan, saat ini lokasi yang ditawarkan tersebut tengah dibawa ke ranah Bapeda. Hal itu untuk menyesuaikan dengan kondisi tata ruang Kota Tasikmalaya. Dan hingga saat ini masih dalam pembahasan.

"Memang agak berat soal tata ruang itu. Kalau melanggar akan terkena sanksi pidana. Itulah kakunya undang-undang. Makanya kita berencana mengkaji tata ruang dan lahan hibah tersebut,"ujarnya.

Ade mengatakan, diharapkan tata ruang Kota Tasikmalaya bersifat fleksibel terhadap tanah hibah tersebut. Adapun dalam proses pembahasan lahan hibah bakal lokasi penegrian Unsil tersebut, pemerintah Kota Tasikmalaya ikut terlibat dengan mengakomodir dan memfasilitasi investor yang akan menghibahkan tanahnya dengan tata ruang kota.

Ade mengatakan, apabila lokasi yang dimaksud selaras dengan tata ruang Kota Tasikmalaya pada Mei ini, maka pada Juni dilanjutkan deng