• Search
  • Menu

Permukiman Polybag Memanfaatkan Lahan Rumah untuk Tanam Padi

MIRADIN SYAHBANA RIZKY/"PRLM"

PRLM - Sebanyak empat puluh kepala keluarga di Kompleks Bintang Agung RT 01/06 Desa Melatiwangi, Kecamatan Cilengkrang, Kab. Bandung mulai menerapkan sistem tanam padi di dalam polybag. Dalam waktu tiga bulan, mereka pun dapat memanen padi dalam pot sebanyak 50 polybag.

Kompleks Bintang Agung saat ini mungkin bisa dikatakan sebagai pelopor padi polybag. Bagaimana tidak, hampir di setiap pekarangan rumah mereka tergantung pot berbagai jenis tanaman produktif mulai dari sayuran, buah-buahan, dan padi.

Ketua Kelompok Wanita Tani Bintang Melati RW 06, Wasidah mengatakan, bercocok tanam dengan sistem polybag memudahkan ia dan warganya dalam pemenuhan kebutuhan dapur hingga tak perlu lagi membeli dari tukang sayur. Ia pun bangga karena berbagai jenis sayuran, buah-buahan hingga padi pun bisa ditanam dan disimpan di pekarangan rumahnya.

"Sayuran organik seperti kangkung, kacang panjang, jagung, sawi bisa kita panen sendiri. Bahkan, sebagiannya bisa kita jual. Alhamdulillah, dengan adanya sistem tanaman sayuran polybag ini kita bisa menghemat biaya masak antara Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000 setiap harinya," ucap Wasidah saat ditemui sesuai panen padi polybag Desa Melatiwangi, Jumat (16/3/12). (Miradin Syahbana Rizky/"PRLM"/A-88)***