• Search
  • Menu

Dana LPDB Jabar Terlalu Kecil

BANDUNG, (PRLM).- Alokasi dana pembiayaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) untuk koperasi di Jawa Barat (Jabar) dinilai terlalu kecil.

Hingga akhir 2011 baru 139 dari 23.843 koperasi di Jabar atau kurang dari 0,6% yang mengakses pembiayaan LPDB KUMKM.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) jawa Barat (Jabar), Wawan Hernawan, usai Gerakan Sadar Koperasi di Balai Latihan Koperasi UMKM Jabar, Jln. Soekarno Hatta, Bandung. Tahun ini target penyaluran pembiayaan LPDB untuk koperasi di Jabar sebesar Rp 200 miliar.

“Jumlahnya masih sangat kecil, tidak sebanding dengan jumlah koperasi di Jabar. Jumlah alokasi tahun ini juga sebetulnya tidak cukup karena banyak koperasi yang membutuhkan bantuan likuiditas,” katanya.

Hingga akhir 2011 realisasi pembiayaan LPDB di Jabar sebesar Rp 145,5 miliar untuk 234 KUMKM, yang 139 diantaranya adalah koperasi.

Realisasi penyaluran LPDB tersebut juga jauh lebih kecil dibandingkan dengan nilai pengajuan proposal yang masuk dari koperasi di Jabar.

Hingga 31 Desember 2011 sedikitnya ada 648 proposal koperasi Jabar yang masuk mengajukan permohonan pembiayaan LPDB. Nilai pengajuannya mencapai Rp 1,96 trilyun.

“Yang terealisasi hanya sekitar 7,42% dari proposal yang masuk. Ini karena alokasinya pun terbatas,” kata Wawan.

Selain