• Search
  • Menu

Situs Megalitik di Cianjur Masih Merana

CIANJUR, (PRLM).- Kondisi delapan situs megalitik peninggalan zaman batu yang ada di wilayah Kabupaten Cianjur masih merana, belum mendapat penanganan secara optimal. Padahal ke delapan situs megalitikum tersebut keberadaannya merupakan potensi wisata, utamanya situs gunung padang namanya sudah cukup dikenal masyarakat luas.

Mengenai hal tersebut diakui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur Himam Haris, melalui Kabid Kebudayaan dan Kesenian Anto Susilo saat dihubungi, Minggu (10/10). Anto mengatakan, saat ini banyak potensi wisata yang belum mendapat penanganan karena terbatasnya anggaran, termasuk situs-situs megalitik. Sebab penanganan atau penataan situs membutuhkan anggaran besar, apalagi lokasinya tersebar di beberapa daerah Kabupaten Cianjur. "Dari beberapa situs megalitik, yang sudah dapat penanganan baru situs gunung padang. Itupun belum optimal dan masih sangat minim," ujarnya.

Dia mengatakan, dari beberapa situs megalitik yang ada di Cianjur, situs gunung padang paling dikenal. Sebab arealnya paling luas dan megah serta berada di atas bukit dengan kawasan yang masih asri. Namun sampai saat ini untuk melakukan penataan masih terkendala kepemilikan lahan. Sebab baru kawasan inti saja yang lahannya milik pemerintah. Sedangkan kawasan lainnya termasuk lahan kawasan penyangga yang mengitari lokasi situs masih milik warga. "Jadinya untuk melakukan penataan, hingga bisa memenuhi ideal butuh dukungan anggaran besar," ujarnya.

Dikatakan Anto, adanya rencana pemprov Jabar menjadikan Situs Gunung Padang sebagai salah satu ikon situs purbakala Jabar diharapkan bisa membawa perubahan besar bagi penataan Situs Gunung Padang. Malahan pihaknya sangat mengharapkan penetapannya menjadi ikon Jabar itu bisa segera dilaksanakan. "Kalau rencananya sudah disampaikan, kami masih menunggu penetapannya. Rencanya ada tiga yang akan dijadikan ikon situs purbakala termasuk Situs Gunung Padang. Dua lainnya Gua Pawon, dan Situs Batujaya," ujarnya.

Selain Situs Gunung Padang, dikatakan Anto, situs megalitik lainnya yang ada di Kab. Cianjur masing masing Situs Megalitik Ciranjang di Kampung Kuta Desa Ciranjang. Kemudian Bukit Kasur di Kp. Sukamaju Desa Gadog, Kec. Pacet, Lemah Duhur di Kp. Cijembar Desa Sukajembar Kec. Sukanagara, dan Gunung Putri di Desa Cikanyere Kec. Sukaresmi. Situs Megalitik Pasir Manggu di Kp. Cijembar Girang Desa Sukajembar Kec. Sukanagara, Pasir Pogor di Desa Cikidang Kec. Mande, dan Bukit Tongtu di Desa Sukagalih Kec. Cikalongkulon. (A-116/das)***