• Search
  • Menu

Disorda Jabar Sebar Sarjana Olah Raga

BANDUNG, (PRLM).- Dinas Olah Raga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat menyebarkan 78 orang Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olah Raga (SP3OR) di sejumlah Kecamatan di Jabar. Para sarjana SP3OR tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Jabar dalam berolah raga yang saat ini dinilai masih sangat kurang.

"Sebanyak 78 sarjana itu sudah direkrut dan dilatih untuk dapat menggerakkan dan memotivasi masyarakat di level kecamatan untuk berolah raga. Mereka harus mampu menjadi motivator bagi masyarakat di daerahnya untuk mau berolah raga," kata Kepala Seksi Pengembangan Olah Raga di Masyarakat Bidang Keolahragaan Disorda Jabar, Asep Purwantoro.

Program SP3OR dirancang untuk meningkatkan motivasi masyarakat untuk menjadikan olah raga sebagai kebutuhan hidup sehingga pada 2016 angka partisipasi masyarakat olah raga (AMPO) Jabar mencapai 50 persen. Jumlah tersebut termasuk kelompok masyarakat berkebutuhan khusus.

Menurut Asep, tujuan utama sarjana SP3OR adalah untuk meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam berolah raga yang terbilang masih minim. Dengan banyaknya keterlibatan masyarakat berolah raga diharapkan terjadi peningkatan kesehatan masyarakat yang ujungnya akan bermuara pada upaya peningkatan IPM (indeks pembangunan manusia) sesuai target Disorda.

"Mereka sudah dibekali ilmu keolahragaan yang memadai dan disebar di sejumlah kabupaten dan ko