• Search
  • Menu

INFO HAJI

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

Penerapan Perubahan Kuota Haji Diusulkan 50 Persen Dulu

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kemenag Jabar mendapatkan masukan dari pihak yang pro maupun kontra terhadap rencana perubahan kuota haji kabupaten/kota untuk musim haji 1436/2015 ini. Kanwil Kemenag Jabar diminta untuk menerapkan penambahan maupun pengurangan kuota haji sebesar 50 persennya dulu.

29.01.2015 - 18:23

Penerapan Perubahan Kuota Haji Diusulkan 50 Persen Dulu

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kemenag Jabar mendapatkan masukan dari pihak yang pro maupun kontra terhadap rencana perubahan kuota haji kabupaten/kota untuk musim haji 1436/2015 ini. Kanwil Kemenag Jabar diminta untuk menerapkan penambahan maupun pengurangan kuota haji sebesar 50 persennya dulu.

Biaya Haji Berpotensi Turun

JAKARTA, (PRLM).- Turunnya harga minyak dunia bisa dijadikan momen untuk menurunkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Namun berapa besaran penurunan BPIH itu baru akan dibahas dalam sesi khusus.

"Logikanya memang harga minyak dunia turun, maka harga avtur pesawat juga turun, otomatis biaya transportasi harusnya ikut turun," kata Ketua Komisi VIII DPR Saleh Partaonan Daulay di sela-sela raker bersama Menteri Agama Lukman Hakim, Menhub Ignasius Jonan, dan Menkes Nina Muluk di Senayan, Jakarta, Selasa (27/1/2015).

Kemenag Tingkatkan Kapasitas Asrama Haji Bekasi

BANDUNG, (PRLM).- Kemenag pusat akan meningkatkan kapasitas Asrama Haji Bekasi sehingga diharapkan tidak ada lagi kloter transit. Tempat tidur yang dulu bertingkat juga akan diganti semua dengan ranjang biasa.

"Keluhan jemaah calon haji terutama lansia maupun yang memiliki keterbatasan fisik adalah tempat tidur bertingkat di Asrama Haji Bekasi. Ranjang tidur bertingkat menyulitkan mereka," kata Kepala Asrama Haji Bekasi, Ajam Mustajam, di ruang kerjanya Kanwil Kemenag Jabar, Selasa (27/1/2015).

Umrah Bisa Jadi Kunci Bahagia

BANDUNG, (PRLM).- Suasana umrah menjadi begitu khusyu dan khidmat jika terus diisi dengan zikir kepada Allah. Umrah adalah ibadah suci, berangkat menuju tanah suci, dan memenuhi panggilan Allah yang Maha Suci. Kesucian itu dapat diraih dengan zikir kepada Allah.

"Umrah juga wahana mengingat dosa dan kesalahan yang diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran spritual untuk menyegerakan diri taubat kepada Allah," kata Pembimbing haji plus dan umrah Qiblat Tour, Aden Rosadi, di Jln. Taman Cibeunying Selatan 15, Senin (26/1/2015).

Kemenag Kota Bandung Sambut Baik Perubahan Kuota Haji

BANDUNG, (PRLM).- Kemenag Kota Bandung menyambut baik dengan adanya perubahan kuota haji sesuai dengan rencana Pemprov Jabar dan Kanwil Kemenag Jabar. Rencananya kuota haji Kota Bandung mengalami kenaikan 140 orang.

"Perhitungan kuota haji kabupaten/kota berdasarkan jumlah pendaftar atau waiting list sehingga kabupaten/kota yang memiliki pendaftar banyak akan mendapatkan keadilan," kata Kepala Kemenag Kota Bandung, Cecep Kosasih, di sela-sela pembukaan manasik haji KBIH Nurul Huda di Gedung Wanita, Minggu (25/1/2015).

Pemerintah Kembali Akan Menanggung Dam Tamattu

BANDUNG, (PRLM).- Pemerintah kembali menggulirkan dam haji tamattu akan ditanggung pemerintah. Pada musim haji tahun lalu rencana pemerintah untuk menanggung dam tamattu urung dilaksanakan karena ada keberatan dari alim ulama.

"Dam tamattu terjadi akibat jemaah haji Indonesia mengambil program haji tamattu sehingga terkena denda atau dam," kata Kepala Kemenag Kota Bandung, Cecep Kosasih, saat pembukaan manasik haji KBIH Nurul Huda di Gedung Wanita, Minggu (25/1/2015).

Pemondokan Jemaah Haji tak Perlu Baik Asal Dekat

SOREANG, (PRLM).- Mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jabar, KH. Sofyan Yahya mengatakan, pemerintah Indonesia seharusnya menyewa pemondokan haji yang dekat dengan Masjidilharam maupun Masjid Nabawi meskipun kualitas pemondokan kurang baik. Selama ini dengan alasan ingin mendapatkan pemondokan haji yang baik sehingga mengabaikan jarak.

Pemondokan Haji Harus Ditingkatkan

BANDUNG, (PRLM).- Kepala Kemenag Kota Bandung, Cecep Kosasih menyatakan, pemondokan jemaah haji terutama di Madinah harus ditingkatkan. Hal itu berkaca kepada kasus 17.000 orang jemaah haji Indonesia yang berada di luar kawasan Markaziyah, Madinah.

"Kawasan Markaziyah berada sekitar 300 meter sampai 400 meter dari Masjid Nabawi. Sedangkan tahun lalu ada pemondokan untuk 17.000 orang jemaah haji Indonesia yang lokasinya sekitar 1 km dari Masjid Nabawi," kata Cecep dalam pembukaan manasik haji KBIH Nurul Huda di Gedung Wanita, Minggu (25/1/2015).