• Search
  • Menu

INFO HAJI

II) menekankan pentingnya dana haji dikelola secara profesional dan akuntabel se

Dana Haji Harus Jelas Pengelolaannya

YOGYAKARTA, (PRLM).- Dana haji harus jelas pengelolaan dan payung hukumnya karena dana tersebut merupakan titipan dari masyarakat yang merencanakan untuk menunaikan ibadah haji.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Dr Anggito Abimanyu menyatakan dana milik perseorangan atau warga negara Indonesia tersebut dikelola oleh pejabat negara. Sistem mengelolaannya harus sesuai asas keuangan negara.

18.04.2014 - 14:41

Dana Haji Harus Jelas Pengelolaannya

II) menekankan pentingnya dana haji dikelola secara profesional dan akuntabel se

YOGYAKARTA, (PRLM).- Dana haji harus jelas pengelolaan dan payung hukumnya karena dana tersebut merupakan titipan dari masyarakat yang merencanakan untuk menunaikan ibadah haji.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Dr Anggito Abimanyu menyatakan dana milik perseorangan atau warga negara Indonesia tersebut dikelola oleh pejabat negara. Sistem mengelolaannya harus sesuai asas keuangan negara.

Kaum Muslimin Diminta Sabar Menunggu Antrean Haji

SOREANG, (PRLM).- Kaum Muslimin diminta bersabar dalam menunggu antrean menunaikan ibadah haji yang kini sudah mencapai 11 tahun di Kab. Bandung. Kaum Muslimin juga jangan tergoda dengan janji-janji orang atau lembaga yang katanya bisa memberangkatkan haji pada tahun ini.

Hal itu dikatakan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kab. Bandung, H. Asep Sopandi, dan Ketua Umum MUI Kab. Bandung KH. Anwar Saifuddin Kamil, saat ditemui, Rabu (16/4/2014). "Setiap hari ada saja jemaah calon haji yang membatalkan keberangkatannya dengan alasan terlalu lama menunggu sampai 11 tahun," kata Asep Sopandi.

Jemaah Umrah Bisa Kunjungi Kota Modern Dubai

BANDUNG, (PRLM).- Salah satu paket umrah yang termasuk “murah meriah” adalah umrah plus Dubai. Apalagi kalau menggunakan pesawat terbang yang transit di Dubai, maka jemaah umrah bisa menggunakan waktu untuk berkeliling Kota Dubai meskipun hanya sebentar.

Waspadai Penipuan Haji Non Kuota

BANDUNG, (PRLM).- Himpunan Muslim Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) meminta masyarakat mewaspadai praktik penipuan haji dengan menyamarkan haji non kuota dengan haji plus. Rencananya pemerintah akan mengumumkan besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) khusus atau haji plus pada akhir April mendatang, sehingga semuanya menjadi jelas.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Penasihat Himpuh, H. Rustam Sumarna, di Khalifah Tour Jln. Cisangkuy, Jumat (11/4/2014). Imbauan sama juga dikatakan Direktur Safari Suci H. Nono Darsono dan Direktur Qiblat Tour H. Wawan Misbach.

Presiden Belum Tetapkan Besaran BPIH

BANDUNG, (PRLM).- Meski sudah lebih dari dua bulan disetujui DPR, namun sampai saat ini presiden belum mengeluarkan penetapan presiden (Perpres) yang mengesahkan besaran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Untuk itu, ormas Islam mendesak agar BPIH segera ditetapkan.

Hal itu dikatakan Sekretaris ICMI orwil Jabar H. D. Sodik Mudjahid, dan Ketua Dewan Pertimbangan Syarikat Islam Jabar KH. Nandang Koswara, ketika dihubungi terpisah, Rabu (9/4/2014).

Muslimin Harus Cerdas Pilih Biro Perjalanan Umrah

BANDUNG, (PRLM).- Dalam sebulan terakhir ini media massa kerap memberitakan banyaknya jemaah umrah yang ditelantarkan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Mereka dijanjikan bisa berangkat umrah karena telah membayar sejumlah biaya, namun akhirnya hanya bisa terduduk lesu di bandara karena tidak ada kepastian berangkat ke tanah suci.

Diluncurkan Siskohat Generasi II

AGUS IBNUDIN/”PRLM”

JAKARTA, (PRLM).- Sistem Informasi dan Komunikasi Haji Terintegrasi atau Siskohat Generasi II, sebagai pengganti Siskohat generasi pertama diluncurkan, Kamis (3/4/2014). Peluncuran berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Bersamaan dengan peluncuran Siskohat Generasi II itu, Menag juga meluncurkan situs web haji mutakhir, penerbitan Direktori Haji Khusus dan Umrah, dan program Tabungan Umrah.

Kuota Musim Haji 2014 Masih Dikurangi 20 Persen

KUNINGAN, (PRLM).- Kuota (pembatasan) calon haji yang dapat berangkat pada musim haji 1435 H/2014 M, kemungkinan besar masih terjadi pengurangan sebesar 20 persen, sehingga antrean daftar tunggu calon haji semakin panjang. Di Kabupaten Kuningan sendiri, antrean sudah mencapai tahun 2024. Artinya, mereka yang daftar tahun 2014 ini, dijadwalkan baru dapat berangkat pada sepuluh tahun kemudian.

Masjid Terapung Jadi Daya Tarik Jeddah

ANWAR EFFENDI/"PRLM"

JEDDAH, (PRLM).- Keberadaan Masjid Siti Rahmah atau masjid terapung di Jeddah, Arab Saudi, bisa menjadi pembelajaran bagi dunia pariwisata di Indonesia. Pengusaha atau pemerintah bisa membangun masjid-masjid yang memiliki khas sehingga menjadi daya tarik wisata.

"Masjid Siti Rahmah Jeddah menjadi tempat favorit bagi jemaah haji maupun umrah terutama dari Indonesia," kata Pembimbing Umrah Safari Suci, H. Arief Chandra, Rabu (2/4/2014).

Fasilitas di Armina Hanya Dipakai Setahun Sekali

MAKKAH, (PRLM).- Banyak fasilitas di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armina) yang hanya dipakai setahun sekali saat musim haji. Padahal fasilitas itu dibangun dengan anggaran amat besar.

"Mungkin ada anggapan pemerintah Arab Saudi membangun fasilitas Armina dengan mubazir, padahal semua itu dibangun untuk melayani tamu-tamu Allah," kata pendamping jemaah umrah Safari Suci, Hj. Nida, saat ziarah ke situs-situs sejarah di Armina, Selasa (1/4/2014).