• Search
  • Menu

INFO HAJI

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

Kabupaten/Kota Sepakat Perubahan Kuota Haji

SOREANG,(PRLM).- Pemkab dan Pemkot serta Kemenag kabupaten/kota se-Jabar menyetujui perubahan kuota haji untuk musim haji 1436 H/2015. Kemenag kabupaten/kota juga siap melaksanakan semua keputusan yang telah diambil Kanwil Kemenag Jabar maupun Pemprov Jabar.

"Keputusan perubahan kuota haji ini diambil pada rapat di Asrama Haji Bekasi dari Kamis-Jumat lalu (5-6/3)," kata Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kab. Bandung, Asep Sopandi, di ruang kerjanya, Rabu (11/3/2015).

11.03.2015 - 08:13

Tak Ada Istilah Kapok Umrah

BANDUNG, (PRLM).- Kaum Muslimin yang sudah berhaji atau umrah tidak akan kapok atau bosan ke tanah suci. Bahkan, merasa ketagihan sehingga ingin kembali mengunjungi Baitullah.

"Padahal kalau kita berpikir secara logika untuk ibadah umrah apalagi haji membutuhkan dana yang tidak sedikit," kata Direktur biro perjalanan haji plus dan umrah Khalifah Tour, Rustam Sumarna, di Jln. Cisangkuy 48, Senin (30/3/2015).

Kuota Haji Indonesia Tetap Dikurangi 20 Persen

BANDUNG,(PRLM).-Kuota haji Indonesia untuk musim haji tahun 1436 H/2015 masih tetap dikurangi 20 persen sehingga kuotanya 166.800 orang dari sebelumnya 211.000 orang.

Jawa Barat masih tetap memiliki kuota terbesar di Indonesia yakni 29.888 orang dari sebelumnya 37.366 orang.

"Daftar tunggu Jawa Barat rata-rata sudah 12 tahun atau kalau sudah mencapai tahun keberangkatan tahun 2027," kata Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) pusat, Djoko Asmoro, dalam manasik akbar di Sabuga ITB, Minggu (29/3).

Daftar Tunggu Haji Indonesia Capai 25 Tahun

BANDUNG,(PRLM).-Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Abdul Jamil mengatakan, daftar tunggu haji di Indonesia paling lama di Sulawesi Selatan selama 25 tahun dan Kalimantan 22 tahun. Daftar tunggu haji Indonesia masih lebih baik daripada di Malaysia yang mencapai 60 tahun.

"Jumlah kuota haji Indonesia setelah dikurangi 20 persen mencapai 168.800 orang dengan jumlah daftar tunggu mencapai 2,5 juta orang," kata Abdul Jamil dalam manasik akbar Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) di Sabuga ITB, Minggu (29/3).

Amphuri Jabar Adakan Manasik Akbar

BANDUNG, (PRLM).- Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Indonesia (Amphuri) mengadakan manasik akbar yang dimulai dari olahraga bersama di Lapangan Gasibu, Minggu (29/3). Manasik haji dan umrah digelar di sekitar Sabuga ITB yang diikuti ribuan orang.

Manasik akbar Amphuri di Sabuga ITB dihadiri anggota DPR Popong Otje Djundjunan, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Jamil, Ketua Amphuri Djoko Asmoro, Ketua Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Jabar Sunidja, dan Ketua Amphuri Jabar Yusuf Indra.

Pelunasan Biaya Haji Plus Mulai Selasa (24/3/2015)

BANDUNG, (PRLM).- Jemaah haji plus atau khusus mulai melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) plus untuk tahap pertama di bank-bank penerima setoran BPIH. Besaran BPIH plus minimal 8.000 dolar AS dengan ketentuan standard pelayanan minimal hotel bintang empat di Makkah dan Madinah.

"Untuk pelunasan BPIH plus tahap pertama sampai 2 April untuk calon haji yang benar-benar belum berhaji, sedangkan apabila masih ada sisa kuota dibuka pelunasan tahap kedua dari 13-17 April," kata Direktur biro perjalanan haji plus dan umrah Safari Suci, Nono Darsono, di ruang kerjanya, Jumat (27/3/2015).

Ratusan Pembimbing Haji KBIH Terhalang Porsi

BANDUNG, (PRLM).- Ratusan pembimbing haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) terancam tak bisa mendampingi jemaahnya karena tak masuk porsi keberangkatan tahun 2015. Untuk itu. KBIH mendesak pemerintah menyediakan kuota khusus bagi pembimbing KBIH layaknya di haji plus.

"Ketentuan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) makin memperberat peluang pembimbing KBIH untuk berangkat haji dan mendampingi jemaahnya," kata ketua Forum Komunikasi (FK) KBIH Jabar, Sunidja, di ruang kerjanya,Selasa (24/3).

Pelunasan BPIH Khusus 1436 H Dibuka Mulai 24 Maret

JAKARTA, (PRLM).- Kementerian Agama menyatakaan, jamaah haji khusus dapat segera melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Khusus, dahulu dikenal dengan istilah ONH Plus, untuk musim haji 1436 H/2015 M. Pelunasan ini sudah mulai dibuka pada 24 Maret s.d. 2 April 2015 mendatang.

Informasi ini sebagaimana tertuang dalam Surat Pemberitahuan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama tertanggal 20 Maret 2015.

Pembuatan Paspor untuk Calhaj Mulai Senin (16/3/2015)

BANDUNG, (PRLM).- Pembuatan paspor hijau untuk jemaah calon haji (calhaj) sudah dimulai di Kantor-kantor Imigrasi terdekat. Pada tahun ini pembuatan paspor ada perubahan yakni bisa dengan koordinir Kemenag kabupaten/kota maupun perorangan.

KBIH dan Pembimbing Harus Disertifikasi

BEKASI, (PRLM).- Sebagai upaya menertibkan bimbingan ibadah haji, Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH) Jabar meminta agar digencarkan sertifikasi KBIH dan pembimbingnya. Sertifikasi pembimbing ini agar ada keseragaman dalam standard pelayanan bimbingan haji.

"Kalau akreditasi KBIH sudah lama dilakukan dengan skor antara A, B, dan C sesuai dengan mutu KBIH bersangkutan. Akreditasi dilakukan dari mulai administrasi dan jumlah jemaah haji yang diberangkatkan setahun minimal 45 orang," kata Ketua FKKBIH Jabar, Sunija, di Asrama Haji Bekasi, Jumat (20/3/2015).

FKKBIH Jabar Mengadakan Pelatihan Pembimbing Haji

BEKASI,(PRLM).- Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (FKKBIH) Jabar mengadakan pelatihan pembimbing dan manajemen KBIH yang diikuti 500 peserta. Pelatihan di Asrama Haji Bekasi berlangsung dari Jumat-Minggu (20-22/3) untuk meningkatkan profesionalisme KBIH dalam melayani jemaah haji.

"Jumlah KBIH di Jabar sebanyak 415 buah dengan 117 KBIH baru dengan izin operasional tahun 2014 lalu," kata Ketua FKKBIH Jabar, Sunija, Jumat (20/3/2015).