• Search
  • Menu

INFO HAJI

USEP USMAN NASRULLOH/"PRLM"

Penerapan Perubahan Kuota Haji Diusulkan 50 Persen Dulu

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kemenag Jabar mendapatkan masukan dari pihak yang pro maupun kontra terhadap rencana perubahan kuota haji kabupaten/kota untuk musim haji 1436/2015 ini. Kanwil Kemenag Jabar diminta untuk menerapkan penambahan maupun pengurangan kuota haji sebesar 50 persennya dulu.

29.01.2015 - 18:23

Biaya Haji Bisa Turun Minimal 200 Dolar AS

BANDUNG, (PRLM).- Penurunan biaya haji dari Kementerian Agama sebesar 25 dolar AS dianggap hanya basa-basi saja. Sebenarnya penurunan biaya haji bisa lebih dari itu.

Hal di atas dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi VIII yang juga Panitia Kerja Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji, Sodik Mudjahid, saat konferensi pers di Jalan Ranggamalela, Kota Bandung, Kamis (26/2/2015).

Pengurusan Visa Umrah Terhambat

BANDUNG,(PRLM).- Pengurusan visa untuk ibadah umrah mengalami hambatan akibat kepindahan kantor Kedubes Arab Saudi di Jakarta. Untuk itu, biro-biro perjalanan umrah mengimbau kepada jemaah calon umrah untuk bersabar akibat hambatan ini.

"Kedubes Arab Saudi di Jakarta pindah kantor dari daerah Jakarta Timur ke daerah Kuningan, Jakarta Pusat, sehingga pengurusan visa umrah pun bermasalah," kata Direktur Qiblat Tour, Wawan R. Misbach, di ruang kerjanya, Selasa (24/2/2015).

Kanwil Kemenag Jabar Adakan Sertifikasi Pembimbing Haji

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kemenag Jabar akan mengadakan sertifikasi bimbingan manasik haji bagi para pembimbing KBIH, biro perjalanan haji plus, maupun kaum Muslimin yang ingin menjadi pembimbing haji. Sertifikasi pembimbing haji bekerja sama dengan UIN Sunan Gunung Djati berlangsung selama 10 hari.

"Para pelatih dari UIN Sunan Gunung Djati. Para peserta akan mendapatkan materi soal bimbingan haji lalu diuji kemampuannya," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam di ruang kerjanya, Sabtu (21/2/2015).

Pahala Salat di Masjid Aqsa 1.000 Kali Lipat

BANDUNG, (PRLM).- Istilah Masjid Aqsa dalam Islam tidaklah terbatas pada masjid saja, melainkan meliputi seluruh Al-Haram Asy-Syarif. Masjid ini dikenal sebagai rumah ibadah kedua yang dibangun setelah Masjidil Haram di Mekah.

Hal itu dikatakan Direktur biro perjalanan haji plus dan umrah Khalifah Tour, Rustam Sumarna, di ruang kerjanya, Senin (16/2/2015).

Jangan Ragu Kunjungi Masjid Aqsa

BANDUNG, (PRLM).- Satu pertanyaan yang kerap disampaikan kaum Muslimin yang berniat untuk melaksanakan umrah plus Amman dan Masjid Aqsa adalah soa kondisi keamanannya. Tentu pertanyaan ini sebuah hal wajar karena sebagian besar kaum Muslimin masih ragu.

"Sebab masjid yang pernah menjadi kiblat kaum Muslimin itu berada di wilayah yang dijaga ketat tentara Israel," kata Direktur Biro perjalanan haji plus dan umrah Khalifah Tour, Rustam Sumarna, di Jln. Cisangkuy, Senin (16/2/2015).

Kemenag Jabar Akan Tertibkan Biro-Biro Umrah

BANDUNG, (PRLM).- Kanwil Kemenag Jabar akan menertibkan biro-biro umrah tak berizin maupun yayasan, kelompok, dan KBIH yang mengadakan umrah tanpa izin. Muslimin juga diminta melaporkan langsung kepada kepolisian apabila menemukan hal seperti itu.

"Jajaran Kemenag sedang gencar melakukan penertiban biro umrah atau yayasan, kelompok, dan KBIH yang tak ada izin. Kemenag sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk penertiban ini," kata Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam, di ruang kerjanya, Jumat (13/2/2015).

Calhaj Terganggu Kesehatan tak Wajib Haji

BANDUNG, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi VIII DPR Deding Ishak mengapresiasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2014 yang relatif lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian Komisi VIII tetap meminta Menag melakukan upaya perbaikan terhadap manajemen penyelolaan ibadah haji dengan melakukan kerja sama dengan instansi terkait seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

Pemerintah Harus Tegas Tertibkan Biro Umrah Bermasalah

BANDUNG, (PRLM).- Biro-biro perjalanan umrah mendesak agar pemerintah dalam hal ini Kemenag bersikap tegas kepada biro-biro perjalanan umrah yang tanpa izin maupun biro umrah yang menelantarkan jemaahnya. Di lain pihak, Kemenag pusat menggulirkan program reformasi pelaksanaan umrah, karena umrah sudah menjadi favorit kaum Muslimin untuk melaksanakan ibadah haji.

Tingkatkan Pelayanan kepada Jamaah Haji dan Umrah

JAKARTA, (PRLM).- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil menuturkan, kualitas pelayanan jamaah haji dan umrah akan terus ditingkatkan. Salah satu upayanya adalah membuat “pakta integritas” kepada travel-travel penyelenggara haji dan umrah.

“Pakta integritas ini menjadi bagian dari pelayanan birokrasi yang istikamah. Kita harus istikamah antara teori dan regulasi,” ujarnya di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

DPR Ingin RUU Haji dan Umroh Segera Selesai

JAKARTA, (PRLM).- Ketua Komisi VIII Saleh P. Daulay menyatakan segera mengajukan RUU tentang Haji dan Umroh. Pengajuan RUU tersebut sebagai revisi UU Penyelenggaran Haji yang ada sekarang dan ke depan akan dibuat adalah sistem paket.

“Komisi VIII DPR sudah mengajukan rancangan undang-undang untuk penyelenggaraan ibadah haji dan umroh yang sekaligus dipaketkan. Sekarang umroh juga sudah bermasalah karena antrian yang panjang , menyebabkan masyarakat mencari alternatif yaitu minimal umroh,” kata Saleh.